CorelDRAW X5: Edisi Corel Terbaru yang Cukup Memuaskan

CorelDRAW X5 kini telah berumur 8 tahun. Dirilis pada tahun 2010 silam, X5 ternyata masih banyak digunakan, terutama oleh mereka para pemula yang tengah menyempurnakan kemampuan menggambar dan membuat desain. Kerap dibandingkan dengan Adobe Creative Suite, CorelDRAW X5 mampu bertahan ditengah dominasi aplikasi tersebut. Apa saja fitur dan pembaharuan yang ditawarkan oleh X5?

Diluar fitur yang sudah digunakan pada CorelDRAW edisi terdahulu, terdapat beberapa penambahan fitur, diantaranya penambahan pada Photo-Paint, Power Trace, Capture dan Connect. Beberapa penambahan fitur berhasil meningkatkan kualitas vector drawing. Support untuk beberapa file format kini sudah tersedia. X5 memiliki beberapa kekurangan, diantaranya penambahan atau upgrade yang dianggap terlambat. Jika anda ingin mencoba software CorelDRAW, silahkan anda bisa Download CorelDRAW X5 Full Version Gratis.

Pembaharuan dan Penambahan Fitur yang Tidak Mengecewakan

CorelDRAW X5 berhasil melakukan enhancement pada mayoritas tools. Beberapa peningkatan yang muncul, diantaranya B-Spline kini dapat menambahkan curves yang smooth melalui Control Points, Rectangle yang bisa mengatur rounding, dan fitur PowerTrace yang kini mampu menghasilkan hasil konversi yang lebih halus dan berkualitas. Beberapa improvements tersebut dibarengi dengan beberapa fitur yang tidak mengecewakan.

Kendati dinilai terlambat atau seharusnya sudah ditambahkan pada pembaharuan edisi sebelumnya, beberapa fitur tetap memberikan kesan positif. Corel Connect contohnya. Melalui fitur tersebut, Anda bisa melakukan browsing melalui koleksi gambar, foto, clip-art yang tersedia di koleksi CorelDRAW untuk kemudian Anda pilih dan gabungkan pada gambar yang tengah Anda kerjakan. Fitur Connect tersebut memberikan Anda banyak opsi.

Hal lain yang bisa Anda perhatikan dari X5 adalah sistem manajemen warna yang baru. Sistem manajemen warna yang baru tersebut merupakan improvement yang impresif dan berdampak positif. Baik Connect dan sistem manajemen warna yang baru, berhasil membuat Corel berpacu dan tidak tertinggal dari kompetitor utamanya (Adobe). Kendari demikian, X5 tampak tidak banyak memberikan hal yang baru bagi para penggunanya.

Baca Juga: Rekam Aktivitas di Layar PC Anda dengan Bandicam

Edisi yang Terus Menempel Pesaing Utamanya

CorelDRAW X5 menyediakan output yang fleksibel dan men-support beragam format file. Terdapat beberapa peningkatan minor yang mampu memberikan dampak positif. X5 tampaknya merupakan edisi Corel yang berusaha untuk terus berpacu dan bersaing sengit dengan Adobe Illustrator. Meskipun tidak spesial, X5 tetap merupakan edisi CorelDRAW yang patut Anda beli, gunakan, dan andalkan.

Baca Juga: Microsoft Office 2019 Hadir dengan Performa yang Lebih Baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *