Cara Mengatasi Saluran Air yang Tersumbat

Anda mungkin pernah membaca beberapa artikel mengenai cara mengatasi saluran air yang tersumbat. Bagaimana cara memperbaikinya dengan cara paling mudah?

Penyebab tersumbatnya saluran air itu beraneka macam, mulai dari kotoran yang memenuhi pipa maupun adanya sisa sabun atau shampoo yang menghambat kelancaran air. Meski saat ini untuk wastafel dan saluran air kamar mandi sudah disediakan penyaring sebelum air benar-benar terbuang lewat pipa.

Nyatanya hal tersebut tetap terjadi karena sisa-sisa kotoran tersebut akan menempel di pipa dan menyebabkan penyumbatan. Untuk itu perlu untuk mempelajarai cara mengatasi saluran air yang tersumbat secara sederhana dan mudah. Berikut penjelasan rincinya dari sedot WC Jakarta Selatan.

Tips Sederhana Mengatasi Saluran Air yang Tersumbat

Anda perlu untuk mempelajari cara mengatasi saluran air yang tersumbat walaupun secara sederhana dan mudah. Hal tersebut dapat mempermudah Anda ketika tidak tersedia jasa pembersihan pipa saluran air ditempat tinggal Anda.

1.       Lakukan Pembersihan Secara Berkala

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menghindari terjadinya penyumbatan adalah membersihkan saluran air secara berkala. Pertama pisahkan sampah atau sisa produk yang kemungkinan menyebabkan terjadinya penyumbatan.

Selanjutnya beri alat penyaring untuk meminimalisir penyumbatan, serta untuk mempermudah proses pembersihan karena sampah dan kotoran akan tertampung di tempat penyaringan. Terakhir lakukan pembersihan secara rutin baik menggunakan sikat, alat penyedot dan lain sebagainya.

2.       Manfaatkan Barang yang Tersedia di Dapur

Jika sudah terjadi penyumbatan saluran air, maka Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang tersedia di dapur untuk melakukan pembersihan. Bahan tersebut bisa berupa garam, cuka, maupun soda kue.

Masing-masing bahan tersebut mempunyai sifat yang bisa memudahkan proses pembersihan saluran air. Campurkan bahan tersebut dengan sedikit air, Anda juga bisa menambahkan perasan air lemon untuk membersihkan pipa.

Diamkan beberapa saat, Anda bisa melakukan pembersihan pada malam hari karena besar kemungkinan wastafel tidak dipergunakan sehingga proses dapat berjalan secara optimal. Jika sudah, bilas dengan air mendidih karena berfungsi untuk membantu pengelupasan kotoran dan kerak yang mungkin menempel di pipa.

Itu dia beberapa penjelasan mengenai cara mengatasi saluran air yang tersumbat. Pastikan untuk senantiasa menjaga kebersihan agar hal tersebut tidak terulang kembalil. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *