Cari Tahu Apa saja Penyebab AC Bocor

AC-Daikin-InverterBagi pengguna Air Conditioner (AC), salah satu hal yang paling menjengkelkan adalah AC bocor. Namun, tahukah anda apa saja penyebab AC bocor? Mari kita simak informasi berikut ini.

Kerusakan yang terjadi pada AC seringkali memaksa pengguna untuk mengganti produk tersebut dengan yang baru. Adanya tetesan-tetesan air yang menetes dari unit indoor ditengarai sebagai salah satu indikasi terjadinya AC bocor. Hal ini tentu sangat merugikan karena para pengguna mau tidak mau harus memperbaiki atau bahkan mengganti dengan yang baru.

Selain memakan banyak waktu, membeli AC baru tentu bukan hal yang mudah mengingat harganya yang relatif mahal. Untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan pada AC anda, kami dari service AC di Jakarta akan memberikan ulasan mengenai penyebab AC bocor.

Beberapa faktor terjadinya kebocoran AC

Kerusakan tidak hanya dapat terjadi pada barang dengan pemakaian lama. Namun, barang yang baru setengah periode pemakaian pun riskan terhadap kerusakan. Beberapa penyebab kebocoran AC antara lain :

  1. Jarang melakukan perawatan terhadap AC

Sebagai pengguna, tentu sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu memperhatikan barang-barang yang kita pakai. Perawatan yang teratur juga mutlak diperlukan agar tidak cepat terjadi kerusakan.

Jarang melakukan perawatan AC seringkali menyebabkan tersumbatnya debu-debu pada pipa drain yang berakibat pada terhambatnya aliran air pembuangan, sehingga air akan keluar melalui unit indoor.

  1. Tidak pada saat instalasi

Penyebab kebocoran pada AC yang kedua adalah AC tidak vacuum pada saat instalasi. Hal ini menyebabkan adanya udara yang tersisa pada kompresor, sehingga menyebabkan karat dan jamur akibat kandungan air yang tidak terbuang dengan sempurna.

  1. Kesalahan pada saat pemasangan AC

Selain masalah pemakaian, masalah teknis juga dapat memicu terjadinya AC bocor. Pemasangan pipa drain yang tidak benar pada AC dapat membuat air menetes keluar melalui unit indoor.

Itulah beberapa penyebab kebocoran pada AC anda. Melakukan perawatan rutin adalah cara terbaik untuk meminimalisir kerusakan. Pastikan bahwa teknisi yang melakukan instalasi AC di rumah anda adalah seorang yang ahli, atau agen resmi dari toko tempat anda membeli AC.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *