Apa Arti Surat Yasin? Ini Dia Jawaban yang Benar.

Anda mungkin sudah sangat sering membaca surat yasin, tapi apakah anda sudah tahu apa arti dari kata yaasin? Pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan kepada anda apa arti dari kata yasin.

Apa Arti Surat Yasin?

Nama Ya Sin diambil dari dua abjad pada ayat pertama surat ini, yakni huruf Ya dan Sin. Ayat ini termasuk ayat Mutasyaabihat yang maknanya samar, ambigu, atau memiliki makna lain yang membutuhkan penafsiran menggunakan ayat lain atau hadits penjelas. Seperti halnya arti tersembunyi dari Alif Lam Mim, ayat pertama surat al baqarah. Atau Ta Ha, ayat pertama dari surat Taha. Alif Lam Mim Shad, Kaf Ha Ya ‘Ain Shad, dan lain semisalnya.

Oleh karena itu tidak ada makna pasti dari surat yasin ini. Anda pun tidak akan melihat terjemah dari kata yasin pada setiap quran terjemah Indonesia yang anda baca. Para penerbit al quran tersebut memberi terjemah Ya Sin lagi dari kata Ya Sin.

Pengertian Ayat

Ayat (Dalam bahasa arab ditulis: آية) adalah bahasa arab yang artinya tanda atau keajaiban. Di dalam al quran, kata ayat merujuk pada satu dari 6236 ayat yang ada didalam al quran (6349 ayat bila memasukkan bismillah diawal setiap surat, tak termasuk satu di surat at taubah).

Ada dua jenis ayat menurut maknyanya, yakni:

a. Ayat Muhkamat, yakni ayat dengan makna jelas dan langsung.

b. Ayat Mutasyabihat, yakni dengan makna samar, ambigu atau memiliki makna lain, yang membutuhkan penafsiran menggunakan ayat lain atau hadits penjelas.

Dua jenis ayat diatas bersumber dari al quran sendiri, tepatnya pada surat ali imran ayat ke 7:

“Dialah yang menurunkan al-kitab (al-Quran) kepada kamu. Di antara (isi)nya ada ayat-ayat yang muhkamat, itulah pokok-pokok isi al Qur´an dan yang lain (ayat-ayat) mutasyabihat. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong kepada kesesatan, maka mereka mengikuti sebahagian ayat-ayat yang mutasyabihat daripadanya untuk menimbulkan fitnah untuk mencari-cari ta´wilnya, padahal tidak ada yang mengetahui ta´wilnya melainkan Allah, dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata: “Kami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyabihat, semuanya itu dari sisi Tuhan kami”, dan tidak dapat mengambil pelajaran (daripadanya) melainkan orang-orang yang berakal.” (Al-Imran Ayat: 7).

Note: Jika anda ingin mengetahui apa faedah surat yasin, anda dapat membaca pada artikel di link berikut ini: https://rumaysho.com/20185-faedah-surat-yasin-pelajaran-penting-dan-keutamaan-membaca-surat-yasin.html

Sekian artikel tentang apa arti surat yasin ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda dan juga bagi kami. Jika anda menemukan manfaat dari artikel ini, jangan ragu untuk share artikel ini ke sosial media anda.

Kebenaran datangnya dari Allah, dan kesalahan datangnya dari Manusia. Mudah-mudahan kita selalu diberi petunjuk kepada kebenaran, serta dijauhkan dari kesalahan. Wallahu a’lam bish shawab.

Sumber:
wikipedia.org/wiki/Surah_Yasin
wikipedia.org/wiki/Ayat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *