Sertifikat ISO penting untuk menyakinkan market anda

Saat ini persaingan di dalam dunia usaha sangatlah keras. Ada banyak sekali brand yang bersaing untuk suatu produk yang sama. Kalau anda pergi ke mall anda bisa melihat ada begitu banyak merek shampo yang diajarkan di rak-rak. Luar biasa sekali persaingan antar merek-merek ini dalam memperebutkan pasar yang sama. Bisa anda bayangkan bagaimana susahnya sebuah produk baru untuk bisa menembus market yang seperti ini.

Produk-produk baru tersebut harus mempertimbangkan secara matang semua faktor yang ada pada produknya. Mulai dari desain, kualitas, harga, promosi, dan masih banyak lagi. Semuanya itu demi meyakinkan pasar untuk mencoba produk-produk mereka. Anda bisa melihat bagaimana produk-produk baru saat ini mempunyai kemasan yang sangat kreatif. Mereka berusaha menarik perhatian dari pembeli untuk mengambil produk mereka.

Mereka juga berusaha mendapatkan berbagai sertifikasi untuk produk mereka. Ada yang bisa mendapatkan sertifikat BPOM, dinas kesehatan, sertifikat halal, dan sertifikat ISO. Sertifikat bpom ini berusaha mereka dapatkan jikalau mereka adalah produk-produk makanan ataupun obat-obatan. Ini sangat penting untuk meyakinkan masyarakat bahwa produk mereka aman untuk dikonsumsi.

Masih berkaitan dengan produk makanan dan kesehatan; sertifikat dari dinas kesehatan juga sering diperlukan untuk menjamin keamanan dari produk-produk tersebut. Begitu juga dengan sertifikat halal; sertifikat ini biasanya diusahakan oleh produk-produk makanan. Hal ini dikarenakan umat muslim memerlukan jaminan untuk kehalalan dari produk-produk makanan yang dijual secara bebas di pusat-pusat perbelanjaan.

Lalu bagaimana dengan sertifikat ISO? Sertifikat ini lebih terkait dengan jaminan kualitas atau mutu dari suatu produk atau jasa. Biasanya perusahaan-perusahaan mencari sertifikasi ini agar mereka bisa meyakinkan konsumen mereka bahwa produk yang mereka tawarkan memenuhi standar kualitas internasional. Ini akan membantu produk-produk mereka untuk bisa dijual di berbagai negara.

Jadi memang bukanlah hal mudah bagi suatu produk baru yang ingin bersaing dengan produk-produk yang sudah lebih dulu ada di pasaran. Biaya-biaya untuk pengurusan sertifikat ini sendiri cukuplah besar. Jadi biasanya perusahaan-perusahaan atau bisnis bisnis kelas ekonomi kecil dan menengah belum bisa mendapatkan atau mengurus sertifikat sertifikat ini.

Kecuali untuk produk-produk makanan maka biasanya akan sangat diusahakan untuk mendapatkan sertifikat halal. Karena tanpa sertifikat halal ini mereka akan sulit mendapatkan angka penjualan yang bagus di pasar dalam negeri yang mayoritas muslim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *