Flange Pipa Untuk Rangkaian Pipa Pabrik

Dikala anda pernah berkunjung ke kawasan-kawasan industri maka kemungkinan anda akan pernah melihat ada banyak pabrik berukuran besar yang mempunyai sistem pipa yang sangat rumit. Pipa-pipa yang digunakan pada pabrik-pabrik ini berbeda dengan pipa pipa yang digunakan di rumah anda. Jika di rumah anda biasa digunakan pipa pvc, maka di kawasan industri biasanya digunakan pipa yang terbuat dari bahan baja atau karbon.

Hal itu dikarenakan pipa-pipa yang ada di kawasan industri ini ditujukan untuk sebuah sistem kerja yang berhubungan dengan tekanan yang tinggi dan suhu yang sangat ekstrem. Jadi tentunya perusahaan akan berusaha membuat sebuah sistem yang bisa memenuhi kebutuhan pabrik dari perusahaan tersebut.

Pipa-pipa industri ini mempunyai banyak sekali ragam komponen sehingga anda bisa merangkai pipa-pipa ini untuk kebutuhan apa saja. Adapun komponen-komponen yang menjadi penunjang dari pipa-pipa ini adalah gasket, flange, valve, fitting, dan masih banyak lagi. Komponen-komponen inilah yang bisa dipergunakan untuk merangkai pipa sesuai dengan keinginan kita.

Flange pipa merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk merangkai pipa-pipa industri. flange pipa ini menyatukan pipa bertekanan tinggi dengan menggunakan sistem baut. Adapun ukuran dari sistem baut flange pipa ini sangatlah bervariasi. Jadi anda kan bisa menyelesaikan sistem flange yang anda butuhkan pada sistem pipa anda. Adapun tujuan dari pemakaian flange pipa ini adalah untuk memudahkan pekerjaan perawatan pipa tanpa harus membongkar pipa tersebut.

Adapun jenis-jenis flange pipa ini bisa dibedakan antara lain berdasarkan ukuran, kekuatan, desain, tipe muka.

Ada banyak sekali jenis dan tipe dari flange pipa ini dan semuanya kami lampirkan dibawah ini.

  1. Jenis flange berdasarkan ukuran (dimensi) ANSI,misalnya: ANSI#150,ANSI#300,ANSI#600 dan seterusnya.
  2. Jenis flange berdasarkan scedule,misalnya: sch 30,sch 40,sch 80,sch XS (extra strong) dan lain-lain.
  3. Jenis flange berdasarkan tipe face pada pipa,misalnya:type flat face,type raised face dan ring type joint.
  4. Jenis flange berdasarkan bentuknya menurut ANSI.
    1. Socket Flanges (Flange tipe soket)
    2. Slip On Flanges
    3. Lap Joint Flanges
    4. Weldneck Flanges (Flange tipe weldneck)
    5. Threaded Flanges (Flange tipe Ulir )
    6. Blind Flanges

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *