CARA MENGEMBANGKAN WEBSITE BAGI UMKM

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk yang besar tentunya juga memiliki jumlah Pengguna internet yang sangat banyak. Setiap tahunnya angka jumlah pengguna internet di Indonesia semakin bertambah. Tentunya para pengusaha UMKM harusnya dapat melihat ini sebagai peluang bisnis.

Jika usaha mikro kecil menengah bisa memiliki sebuah website yang dapat dilihat tidak hanya oleh masyarakat Indonesia tapi bahkan hingga ke mancanegara, tentu saja ini merupakan peluang besar bagi UMKM untuk memasarkan produknya. Sayangnya sangat sedikit pengusaha UMKM yang mengerti dan mampu mengembangkan website untuk meraih peluang bisnis ini.

Pemilik usaha UMKM, berikut 3 langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk membuat website:
1. Rencanakan tampilan dan kebutuhan website anda.
Tampilan website sangatlah penting. Tampilan website yang baik dan profesional dapat menarik perhatian dan kepercayaan para customer. Anda dapat mencari referensi dari website website yang ada. Pilihlah tampilan warna inti yang sesuai dengan produk atau jasa yang akan Anda tawarkan. Website yang menjual alat berat haruslah tampil layaknya website yang menjual alat berat dan website yang menjual barang fashion harus sudah tampil layaknya website yang menjual barang fashion. Data juga kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh website Anda seperti sistem jualan online yang paling sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Memang lebih mudah jika Anda menggunakan jasa profesional untuk membuat Website namun tentu saja jasa profesional membutuhkan modal lebih. Jadi jika anda ingin menekan biaya untuk mendapatkan ongkos yang lebih murah maka anda harus melakukannya sendiri.

2. Fitur website dan tampilan multimedia
Agar website Anda terlihat profesional, tentunya website anda perlu memiliki fitur-fitur yang memudahkan customer anda mengakses setiap informasi yang diinginkan. Fitur belanja online yang baik juga tentunya akan meningkatkan tingkat kepercayaan customer anda. Memberikan tampilan tampilan multimedia seperti gambar, audio dan video juga meningkatkan tampilan profesional suatu website. Tapi anda harus berhati-hati dalam memberikan tampilan multimedia ini. Tampilan multimedia ini bisa membuat website anda sulit untuk diakses karena membutuhkan waktu yang lama untuk mengupload terlalu banyak data. Pastikan anda menggunakan web hosting yang tepat untuk Website anda. Ada beragam jenis pilihan web hosting murah yang paling ada beragam jenis pilihan pasti mulai yang paling murah hingga yang murah hingga yang mahal. Sesuaikan pilihan web hosting anda dengan kebutuhan website anda. Web hosting yang memiliki ruangan penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan anda untuk menyimpan tampilan-tampilan multimedia anda.

3. Responsif dan SEO friendly
Setiap pemilik website tentunya menginginkan websitenya tampil di halaman pertama mesin pencari seperti Google. Untuk itu anda perlu menggunakan teknik-teknik SEO (search engine optimization). Pastikan website anda memiliki tampilan yang Seo friendly, sering-seringlah melakukan update artikel dan gunakan juga tampilan yang mobile friendly. Tampilan mobile friendly ini dibutuhkan untuk mengikuti tren meningkatnya penggunaan smartphone dalam mengakses website. Pastikan web hosting yang Anda gunakan juga memiliki bandwidth yang memadai untuk mengakomodasi jumlah kunjungan website anda. Jika bandwidth dari hosting Anda tidak mampu mengakomodasi jumlah kunjungan website anda maka website anda akan lama untuk diakses dan bahkan bisa mengalami down Time. Website yang memiliki waktu akses yang lama dan sering mengalami down time tidak disukai oleh mesin pencari seperti Google.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *