5 Tips Sukses Jualan Pulsa Secara Online

Kini bisnis jualan pulsa semakin marak saja dilakukan melalui media online. Sejak menjamurnya marketplace di Indonesia, banyak orang yang memanfaatkan luasnya jangkauan pasar marketplace tersebut untuk menjual pulsa secara online.

Nah, agar bisa sukses menjalankan bisnis ini, maka anda harus tahu strategi dan cara jualan pulsa online.

Tujuannya agar Anda mampu bersaing dengan ribuan pedagang pulsa online lainnya.

Pada tulisan di artikel ini akan saya paparkan beberapa tips jitu, agar Anda mampu memenangkan persaingan dan berhasil menggaet pelanggan setia.

Tips tersebut diantaranya:

1. Berikan harga terbaik (murah) dan pelayanan yang ramah.

Ini adalah tips penting yang harus selalu Anda perhatikan. Dimana pun dan dalam bisnis apapun pasti para konsumen selalu ingin mendapatkan harga yang ekonomis (murah).

Oleh karena itu, anda harus bisa mengatur cara agar bisa memberikan harga terbaik kepada konsumen anda.

Tentu anda hanya akan bisa memberikan harga murah jika anda juga mendapatkan harga awal yang murah juga dari agen/distributor/provider pulsa langganan Anda. Oleh karena itu anda harus pandai-pandai dalam mencari dan memilih agen pulsa yang bisa diajak bekerja sama untuk jangka panjang.

Selain memberikan harga murah, kunci sukses lainnya dalam jualan pulsa secara online adalah pelayanan yang ramah dan menyenangkan. Ingat, jargon pembeli adalah raja itu akan tetap berlaku pada bisnis manapun, termasuk pada bisnis yang dijalankan secara online.

Jika pembeli dan pelanggan anda selalu merasa puas dengan layanan anda, maka mereka pasti kembali berbelanja lagi kepada anda di waktu berikutnya. Inilah cara sukses dalam jualan online pulsa yang paling utama.

2. Proporsional dalam menetapkan margin keuntungan.

Pada bagian poin nomor 1 diatas telah saya jelaskan bahwa salah satu kunci sukses bersaing dalam jualan pulsa online adalah memberikan harga yang bersaing. Namun ada satu hal yang harus anda ingat; anda harus tetap proporsional dalam menetapkan harga yang murah?

Apa maksudnya?

Maksudnya; memang disarankan agar memberikan harga murah, namun jangan sampai pula harga yang anda tetapkan terlalu murah sehingga menjatuhkan pasaran harga pulsa itu sendiri.

Dan jangan pula anda saking semangatnya memberikan harga murah, tapi anda sendiri malah ujung-ujungnya tekor sendiri.

Jadi ambillah jalan penetapan harga yang ditengah-tengah. Misalnya jika pedagang pulsa lain menjual pulsa 10 ribu senilai 12 ribu, maka anda bisa menjual dengan seharga 11.500 rupiah untuk pulsa 10 ribu tersebut.

Yang sebaiknya di hindari itu jika anda terlalu jauh menjatuhkan harga pulsa 10 ribu dengan dijual senilai 10.500 saja. Maka cara ini jangan anda lakukan, sebab akan berpotensi memicu persaingan yang tidak sehat. Karena biasanya pedagang pulsa lain juga akan ikut-ikutan jual terlalu murah juga seperti anda. Dan jika hal ini terus berlanjut, maka akan bisa menghancurkan masa depan bisnis pulsa online itu sendiri.

3. Memberikan promo potongan harga khusus untuk pembelian pulsa dalam jumlah tertentu.

Ketimbang anda memberikan harga jual murah yang membabi buta, maka ada cara yang lebih smart dalam menjaring pelanggan namun tidak merusak pasaran harga jual pulsa itu sendiri.

Bagaimana caranya?

Caranya yaitu anda memberikan potongan harga khusus jika konsumen dan pelanggan anda membeli pulsa dalam besaran nominal tertentu.

Misalnya jika anda konsumen dan pelanggan anda yang membeli pulsa dalam jumlah diatas 500 ribu, maka anda akan memberikan potongan harga sekian persen. Soal besaran potongan harganya bisa anda atur sendiri, yang penting anda masih untung dan tidak sampai merugi.

Oleh karena sekali saya ingatkan; bahwa betapa penting bagi Anda agar bisa mendapatkan distributor dan server pulsa termurah yang bisa memberikan harga modal dasar pulsa yang murah. Sehingga jika modal awal pulsa anda sudah murah, tentu anda akan mampu untuk memberikan harga promo khusus kepada para konsumen dan pelanggan anda.

Nah cara seperti ini jauh lebih cerdas dan akan tetap menjaga ekosistem perdagangan pulsa yang sehat dengan pesaing anda. Sebab potongan harga dengan nominal tertentu ini tidak akan merusak pasaran harga pulsa. Karena hanya orang-orang tertentu saja yang akan membeli pulsa dalam jumlah besar seperti ini (biasanya untuk dijual lagi).

4. Untuk tetap menjaga pelayanan optimal setiap waktu kepada para pelanggan anda, maka usahakan agar deposit pulsa anda selalu tersedia.

Jadi jangan sampai sering terjadi ketika pelanggan anda ingin membeli pulsa, namun pulsa anda dalam keadaan habis. Padahal bisa jadi konsumen dan pelanggan anda sedang sangat membutuhkan pulsa pada saat itu. Sehingga jika terlalu sering tiap mereka beli pulsa tapi selalu tidak tersedia, maka mereka akan bisa beralih ke penjual pulsa online yang lain.

Oleh karena itu, bagian deposit pulsa ini juga penting untuk anda perhatikan, agar pelanggan anda tetap setia setiap waktu berbelanja di toko online pulsa anda.

5. Gencar mempromosikan usaha pulsa online anda di media sosial.

Ini adalah tips sukses dalam berjualan online lainnya yang jangan sampai anda lewatkan. Internet marketing adalah salah satu kunci sukses dalam bisnis online, termasuk dibidang jualan pulsa online.

Promosikan lah toko online pulsa anda secara teratur dan berkala di berbagai platform media sosial terpopuler di Indonesia. Platform medsos populer tersebut diantaranya; Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, dll.

Yang dimaksud dengan teratur adalah; mempromosikan toko online pulsa anda secara teratur setiap hari.

Dan yang dimaksud dengan berkala adalah; agar anda mengatur ritme dan jarak/jangka tiap promosi yang anda lakukan. Jadi tetapkan waktu posting promosi anda tiap 3 jam sekali misalnya.

Kenapa mesti di atur waktu postingannya?

Tujuannya agar supaya postingan promosi anda itu tidak ditandai spam oleh sistem platform media sosial tersebut. Selain itu jika waktu posting Anda terlalu rapat, maka akan membuat pengguna medsos lainnya jadi terganggu, bahkan bosan melihat postingan produk pulsa anda.

Kalau sampai hal diatas terjadi, wah gawat! Alih-alih bukannya berhasil promosi Anda tapi malah gagal total.

Oleh karena itu terapkanlah promosi anda secara smart dan dengan strategi yang matang.

Demikianlah 5 tips sukses jualan pulsa secara online. Terapkan semua tips diatas secara baik dan konsisten, insya Allah usaha jualan pulsa anda akan berpeluang untuk berkembang secara pesat.

Semoga sukses selalu untuk Anda. 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *