5 Cara Mencari Passion Dan Tips Meraih Kesuksesan

5 Cara Mencari Passion Dan Tips Meraih Kesuksesan

Mencari passion itu terkadang agak sulit bagi sebagian orang. Masih banyak sebagian kawula yang merasa bingung dan bertanya-tanya: apa sih passion itu?

Apa sih pengertian passion itu?

Definisi passion ini beragam, bergantung dari sudut pandang mana menilainya. Namun ada ciri utama dari passion, yakni apabila kamu selalu bersemangat dalam mengerjakan/menempuh sesuatu tujuan.

Contoh; misalnya kamu seorang yang hobi menulis (blogger). Maka kamu selalu bersemangat dalam menuliskan opini serta pengetahuanmu di web tersebut. Walaupun tidak banyak uang yang kamu dapatkan dari web tersebut.

Uang bukanlah tujuan utama kamu.

Kamu merasa sangat senang sekali dikala tulisanmu banyak dibaca serta di share ulang oleh orang lain.  Kebahagiaanmu adalah menulis. Ya benar! Kamu akui memang suka memperoleh penghasilan dari web tersebut. Tetapi itu kamu anggap seperti bonus saja. Dapat banyak hasilnya, maka kamu bersyukur, jika hanya sedikit pun, itu no problem bagimu.

Nah itulah salah satu contoh passion.

5 Cara Mencari Passion Dan Tips Meraih Kesuksesan
Ilustrasi

Pastinya masih banyak lagi contoh passion dibidang yang lain. Tetapi cirinya selalu sama; yakni muncul semacam gairah/semangat yang tinggi ketika mengerjakan pekerjaan tersebut.

Nah, terkadang yang jadi permasalahan; banyak kawula muda yang sangat sulit memahami apa passionnya. Oleh sebab itu, isi artikel ini akan membahas kiat-kiat dalam mencari passion beserta ciri-cirinya (khusus untuk kawula muda).

Coba kamu jawab beberapa pertanyaan berikut:

1. Cobalah bertanya kepada diri kamu sendiri;” Perihal apa sih yang bisa membuat gue lebih bersemangat dalam mengerjakan sesuatu?”

Cobalah kamu renungkan baik- baik, serta simak jawaban dari kata hatimu.

Jadi jangan kamu melaksanakan suatu hal sekedar untuk menuruti keinginan orang tua, ataupun pacar kamu. Jadilah diri kamu sendiri. Temukan pekerjaan, hobi, dll, yang membuat kamu bergairah ketika mengerjakannya.

2. Coba ingat baik-baik; perihal apakah yang betul-betul gigih kamu pertahankan? Sementara itu, banyak tentangan dari orang terdekat kamu?

Tetapi meski ditentang habis-habisan, kamu tetap sangat yakin dengan yang kamu pilih. Karena kamu sangat tahu persis, bahwa kamu pasti sanggup, dan akan meraih kesuksesan pada pilihanmu tersebut.

3. Keahlian apakah yang sangat menonjol pada diri kamu?

Coba ingat baik-baik, dalam perihal apakah kamu senantiasa menonjol dibanding dengan orang lain?

Ketika orang lain sangat sulit mengerjakan pekerjaan tersebut, tetapi kamu dapat mengerjakannya dengan gampang tanpa hambatan yang berarti. Kamu sangat berbakat dibidang tersebut, sehingga sama sekali tidak berat bagimu mengerjakannya. Jika ada ciri seperti ini, berarti itulah passion kamu.

4. Apakah kamu masih ingat perihal apakah yang sangat kamu gemari dikala kecil?

Kadang, untuk mencari passion itu, kamu harus mengingat kembali hal-hal yang sangat kamu gemari pada waktu kecil.

Sebagian orang gemar sekali bermain sepak bola pada waktu kecilnya. Sebagiannya lagi suka sekali melukis diwaktu kecil. Nah kesukaan pada waktu kecil itu dapat berkembang menjadi passion kamu pada saat sudah dewasa.

Nah cobalah di ingat-ingat lagi; perihal apakah yang sangat gemar sekali kamu kerjakan diwaktu kecil?

5. Coba pikirkan; aktivitas/pekerjaan apakah yang membuat kamu terus penasaran ketika mengerjakannya?

Salah satu tanda adanya passion seseorang dibidang tertentu ialah; ketika dia mengalami hambatan dalam mengerjakan pekerjaan tersebut, malah membuatnya penasaran, serta tertantang untuk bisa menuntaskan permasalahan tersebut. Nah, ini mustahil terjadi pada orang yang tidak memiliki passion dibidang itu. Ia tentu langsung menyerah, bahkan walau hanya mengalami sedikit hambatan saja.

Nah demikianlah diatas 5 macam pertanyaan untuk dapat mengetahui dan mencari apa sebenarnya passion kamu.

Pentingkah mencari passion ini?

Sangat penting! Terutama bagi kawula muda.

Seorang anak muda yang cepat menemukan passionnya, maka dia berpotensi besar untuk sukses di usia muda.

Banyak miliarder yang sukses di umur yang masih muda. Di Indonesia contohnya founder Bukalapak Achmad Zaki.

Kalau kelas dunia seperti CEO Facebook Mark Zuckerberg.

Mereka itu mampu mencapai sukses besar di umur muda, karena telah berhasil dalam mencari dan menemukan passionnya semenjak dini.

Nah bagaimanakah dengan kamu? Apa passionmu? Sudahkah kamu temukan passionmu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *