Bulu tangkis: Sejarah, ukuran lapangan, serta manfaatnya untuk kesehatan

Ukuran lapangan bulu tangkis sesuai standar nasional dan internasional serta sejarah perkembangan olahraga yang satu ini di dunia dan Indonesia.

Bulu tangkis adalah satu dari sekian banyak jenis olahraga yang cukup populer di Indonesia. Olahraga bulu tangkis menjadi semakin diminati terutama bagi anak muda lantaran prestasi Indonesia sendiri di olah raga ini cukup membanggakan.

Ada banyak pemain bulu tangkis yang cukup terkenal seperti Budi Hartono dan Taufik Hidayat. Keduanya telah merebut banyak gelar juara di berbagai turnamen bulu tangkis internasional.

Permainan bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang membutuhkan ketangkasan. Untuk bermain bulu tangkis salah satu peralatan yang wajib kita miliki adalah raket serta satelkok.

Selain keduanya, tentu kita membutuhkan lapangan serta berbagai macam aksesoris yang ada di dalamnya termasuk net. Lantas Tahukah Anda Berapa ukuran lapangan bulu tangkis standar nasional dan internasional? Jika belum tahu Mari simak penjelasannya dalam artikel di bawah ini:

Ukuran lapangan bulu tangkis standar

Secara umum lapangan bulu tangkis memiliki lantai berwarna hijau dengan garis putih lebar. Garis tersebut biasanya memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung dari fungsinya. Berikut rincian ukuran lapangan bulu tangkis standar yang digunakan untuk pertandingan nasional dan internasional:

  • Lapangan bulu tangkis memiliki panjang sekitar 13,40 meter
  • Sedangkan untuk lebarnya berkisar antara 6,10 m
  • jarak antara garis net hingga ke garis servis yaitu sekitar 1,98 meter
  • Sedangkan untuk jarak antara garis servis bagian tengah dengan garis samping yang ada di lapangan kira-kira 3,05 m
  • Untuk jarak antara garis servis bagian belakang dengan garis belakang lapangan bulu tangkis yaitu 0,76 m.
  • Untuk permainan tunggal jarak antara garis samping dengan garis pinggir yaitu 0,46 m
  • Sedangkan untuk tinggi net yang digunakan yaitu 1,55 m.

Sejarah bulu tangkis dunia

Olahraga bulu tangkis awalnya telah dikenal di peradaban Mesir kuno pada 2000 tahun yang lalu. Selain di Mesir, olahraga ini kabarnya juga telah dimainkan di Republik Rakyat Tiongkok dan India.

Berbeda dengan bulu tangkis yang saat ini kita kenal, permainan yang ada di Tiongkok tersebut hanya menggunakan kok tetapi tidak memukulnya dengan raket. Melainkan para pemain harus memukul kok selama mungkin menggunakan kaki mereka. Jadi sekilas olahraga ini mirip dengan sepak takraw.

Sedangkan untuk sejarah bulu tangkis dunia awalnya dimulai dari tanah Inggris. Di negara tersebut permainan bulu tangkis dikenal dengan sebutan Battledore and shuttlecock. Pada waktu itu anak-anak di Inggris sering memainkan shuttlecock dengan menggunakan sebuah tongkat atau dayung yang diberi nama Battledore.

Pada tahun 1854 olahraga ini cukup populer terutama saat dimainkan di jalan-jalan kota London Inggris. Saat Inggris mengolonisasi beberapa negara Asia mereka juga membawa olahraga ini terutama di Republik Rakyat Tiongkok, Jepang, serta Thailand. Sehingga olahraga bulu tangkis ini awalnya cukup populer juga di beberapa negara tersebut.

Permainan bulu tangkis yang lebih kompetitif awalnya dikenalkan oleh tentara Britania di Pune, India pada abad ke-19. Pada waktu itu permainan badminton atau bulu tangkis sudah menggunakan raket yang di bagian tengahnya terdapat senar. Ini merupakan cikal bakal dari permainan bulu tangkis yang saat ini kita saksikan.

Saat para tentara tersebut kembali ke negaranya Inggris, permainan ini juga ikut dibawa kembali dengan model permainan yang sudah berbeda, yaitu sudah menggunakan raket dengan senar untuk memukul shuttlecock. Hingga pada akhirnya permainan pun diubah namanya menjadi Badminton Battledore and new game.

Penamaan badminton pada permainan ini merujuk pada nama sebuah istana di Inggris yang dimiliki oleh keluarga Duke beafourt. Peraturan permainan bulu tangkis pertama kalinya disusun pada tahun 1877 oleh sebuah klub badminton. Sedangkan asosiasi bulu tangkis Inggris baru dibentuk pada tahun 1893. Dan pada tahun 1899 untuk pertama kalinya Kejuaraan bulu tangkis internasional di gelar dengan nama All England.

Sejak saat itu permainan Bulu tangkis menjadi semakin dikenal dunia terutama di daerah Asia Timur dan Tenggara termasuk di Indonesia.

Manfaat bermain bulu tangkis

Permainan bulu tangkis ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan anda. Lantas Tahukah Anda apa saja manfaat bermain bulu tangkis tersebut:

Membantu menurunkan berat badan

Melakukan aktivitas fisik memang dapat membantu membakar lemak sehingga sangat baik untuk menurunkan berat badan. Salah satu olahraga yang cukup baik untuk mengurangi lemak adalah permainan bulu tangkis.

Permainan yang mengandalkan kecepatan serta kekuatan tangan ini memang membutuhkan energi ekstra sehingga akan ada banyak kalori yang dibakar.

Meningkatkan kekuatan kaki

Salah satu cara meningkatkan kekuatan kaki adalah dengan bermain bulu tangkis. Permainan bulu tangkis memang cukup mengeksplorasi kemampuan kaki. Lompatan serta kuda-kuda akan sangat berpengaruh sekali dengan permainan bulu tangkis yang nantinya mampu meningkatkan kekuatan kaki.

Membantu anda tumbuh lebih tinggi

Bagi Anda yang ingin memiliki tubuh tinggi ideal cobalah rutin melakukan olahraga termasuk bulu tangkis. Permainan bulu tangkis sangat erat kaitanya dengan lompatan sehingga sangat baik untuk memaksimalkan tinggi badan. Olahraga ini sangat cocok terutama bagi mereka yang masih dalam masa pertumbuhan.

Mengurangi stres

Salah satu manfaat bulu tangkis yang mungkin tidak Anda sangka adalah membantu mengurangi stres. Olahraga sangat baik untuk kesehatan tubuh serta mental anda. Olahraga yang sifatnya permainan dapat membuat otak menjadi lebih fresh. Hal ini pada akhirnya akan mengurangi kejenuhan anda dan mungkin juga berkontribusi besar dalam mengusir stres.

Nah demikian tadi beberapa ulasan mengenai ukuran lapangan bulu tangkis, sejarah serta manfaatnya. Semoga informasi diatas bisa berguna bagi anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *