Bisnis

Apa itu strategi digital marketing?

Strategi digital marketing adalah rencana yang menguraikan bagaimana bisnis Anda akan mencapai tujuan marketingnya melalui saluran online seperti pencarian dan media sosial. Sebagian besar rencana strategi akan meliputi saluran online dan taktik digital marketing yang akan Anda gunakan. Ditambah berapa banyak anggaran yang akan Anda investasikan untuk saluran dan taktik ini.

Apa saja contoh strategi digital marketing?

Contoh strategi digital marketing termasuk kampanye media sosial yang mencakup kemitraan dengan influencer, strategi marketing konten yang menggunakan panduan online untuk mendorong prospek, atau strategi marketing pertumbuhan yang menggunakan media sosial dan email untuk membangun loyalitas pelanggan.

Mengapa harus menggunakan strategi digital marketing?

Menetapkan strategi digital marketing sangat penting. Jika Anda bermitra dengan agen digital marketing layanan lengkap yang berpengalaman; Anda dapat mempercayakan pengelolaan kampanye digital marketing perusahaan anda.

Tanpa strategi marketing Internet, bisnis Anda tidak memiliki peta untuk mencapai tujuannya. Anda tahu apa yang ingin Anda capai, tetapi Anda tidak tahu caranya. Itu sering mengarah pada peluncuran kampanye digital marketing yang gagal mendorong hasil apa pun.

Jika Anda ingin berinvestasi dalam digital marketing, Anda perlu fokus dalam membuat strategi digital marketing.

Cara membuat strategi digital marketing

Untuk membuat strategi digital marketing yang tepat untuk perusahaan anda silahkan mengikuti 8 tahap di bawah ini.

  1. Tentukan merek Anda: Buat garis besar atau gunakan pedoman merek Anda untuk menentukan merek Anda dan bagaimana hal itu akan muncul dalam kampanye online Anda. Pikirkan tentang poin penjualan unik (USP), suara merek, dan proposisi nilai Anda.
  2. Bangun persona pembeli Anda: Tentukan siapa yang ingin dijangkau bisnis Anda dengan persona pembeli khusus. Pikirkan tentang demografi pengguna, serta motivasi yang mendorong orang untuk memilih perusahaan, produk, dan layanan Anda.
  3. Buat S.M.A.R.T. sasaran: Gunakan sasaran yang spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, dan tepat waktu (juga dikenal sebagai sasaran SMART) untuk memandu strategi Anda. Pikirkan tentang tujuan jangka pendek dan jangka panjang organisasi Anda untuk pertumbuhan.
  4. Pilih strategi digital marketing Anda: Pilih strategi terbaik untuk bisnis Anda. Fokus pada teknik yang menawarkan nilai paling tinggi untuk bisnis dan industri Anda, versus strategi yang trendi.
  5. Tetapkan anggaran digital marketing Anda: Teliti harga digital marketing untuk membangun anggaran yang realistis untuk bisnis Anda. Sebagai referensi, sebagian besar bisnis menghabiskan $2500 hingga $12.000 per bulan untuk marketing online.
  6. Pikirkan strategi Anda: Pandu strategi Anda menuju sukses dengan merencanakan strategi Anda. Jika Anda beriklan, tentukan pengeluaran iklan Anda. Jika Anda memublikasikan konten, buat kalender konten Anda.
  7. Luncurkan kampanye Anda: Mengikuti perencanaan Anda, luncurkan kampanye Anda di seluruh saluran. Pastikan semua saluran Anda menampilkan informasi pelacakan yang sesuai. Situs web Anda, misalnya, harus menampilkan kode pelacakan Google Analytics Anda.
  8. Lacak hasil Anda: Pantau dan ukur kinerja strategi Anda dengan melacak kinerjanya. Gunakan alat seperti Google Analytics, Google Search Console, dan Google Ads untuk memantau strategi Anda dan laba atas investasi (ROI).

Dengan delapan langkah ini, perusahaan Anda dapat meluncurkan strategi marketing online pertama Anda. Anda akan membangun strategi digital marketing yang terencana dan terpadu. Hal ini akan membantu anda untuk mendapatkan hasil yang lebih terukur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *