Wisata

MENIKMATI KEINDAHAN PULAU PADAR

Pulau padar yang terletak di daerah Labuan Bajo mungkin dapat dikatakan sebagai salah satu pulau di Indonesia dengan pemandangan yang sangat indah. Pariwisata pulau-pulau yang yang terletak di kawasan flores pada dasarnya memang sangat terkenal akan keindahannya.

Beberapa spot diantaranya bahkan sampai viral di kalangan traveler dunia. Pulau padar sendiri dapat dikatakan sebagai salah satu pulau terbaik dalam rangkaian Labuan Bajo trip.

Pulau Padar terletak di Cor 8.654°S 119.574°E dan dikelola oleh pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau ini merupakan pulau terbesar ketiga di taman Nasional Komodo. Dibandingkan pulau Komodo dan Pulau Rinca, pulau padar memang agak sedikit lambat dikenal oleh masyarakat umum, namun hal tersebut tidak menutup kenyataan bahwa pulau padar adalah pulau yang memiliki pemandangan eksotis yang sangat indah.

Pulau eksotis ini memiliki topografi berupa gunung-gunung tang terjal dan dikelilingi oleh teluk-teluk yang dalam. Iklim pulau padar yang kering membuat pepohonan, semak dan rumput-rumput yang tumbuh di pulau Padar berwarna kekuningan. Tampilan yang berwarna kekuningan ini justru menambah unik dan aetetik foto yang dihasilkan. Selain itu, pulau padar juga memiliki pantai dengan pasir putih yang indah.

Tidak jauh dari pulau padar juga terdapat pulau Rinca. Kedua pulau ini hanya dipisahkan oleh selat Lintah. Selat Lintah ini terkenal akan arusnya yang keras. Jadi jika anda ingin menyebrang antar pulau Padar dan pulau Rinca, maka anda harus menyewa kapal speed boat. Jika anda bertolak dari Labuan Bajo menuju pulau Padar, maka dibutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk sampai ke tujuan. Sangat disarankan untuk menggunakan untuk perjalanan yang lebih cepat dan nyaman.

Dibutuhkan tenaga dan persiapan fisik yang ekstra bagi anda yang ingin mengunjungi pulau Padar. Sebab terkadang dibutuhkan tenaga ekstra untuk melalui medan yang terjal di pulau Padar. Untungnya, meskipun termasuk wilayah taman nasional komodo, tidak ada komodo yang hidup di pulau ini sehingga anda tidak perlu merasa takut dan khawatir ketika berwisata sambil mengabadikan keindahan pulau eksotis ini.

Pulau padar telah memiliki jalur trekking yang dapat anda lalui dengan mudah. Sayangnya jalur trekking ini tidak sampai ke puncak di mana spot foto-foto viral sering di ambil. Jadi persiapan fisik yang kuat memang sangat dibutuhkan. Tidak hanya fisik, mental yang kuat juga sangat dibutuhkan. Pasalnya ada beberapa titik dengan kemiringan yang cukup curam dan terjal. Jadi sangat dihimbau agar anda berhati-hati dalam melalui trek ini.

Itu dia ulasan singkat tentang pulau Padar, yang merupakan pulau indah dalam rangkaian Labuan Bajo trip. Semoga dapat membantu anda untuk lebih memahami keindahan pariwisata pulau Padar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *