Uncategorized

APA TUJUAN TAHLILAN?

Pelaksanaan acara tahlilan dipandang mempunyai banyak manfaat khususnya untuk mereka yang meninggal dunia. Biasanya keluarga yang meninggal, maupun orang yang membaca tahlil dalam sebuah perkumpulan untuk mendoakan agar orang yang meninggal bisa diterima amalnya dan diampuni dosa-dosanya oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Ini adalah bentuk cinta yang ditunjukkan keluarga untuk almarhum/ah yang meninggalkan mereka. Beberapa dalil yang biasa digunakan untuk mendukung tahlilan ini salah satunya diambil dari Al-Qur’an Surat Al-Hasyr ayat 10 yang bunyinya sebagai berikut.

وَالَّذِيْنَ جَاۤءُوْ مِنْۢ بَعْدِهِمْ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِاِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِالْاِيْمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا غِلًّا لِّلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا رَبَّنَآ اِنَّكَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ ࣖ (١٠)

Waalladziina jaauu min ba’dihim yaquuluuna rabbanaa ighfir lanaa wali-ikhwaaninaa alladziina sabaquunaa bial-iimaani walaa taj’al fii quluubinaa ghillan lilladziina aamanuu rabbanaa innaka rauufun rahiimun

Artinya: “Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshor), mereka berdoa: Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Hasyr: 10).

Jadi inilah alasan kenapa banyak umat Islam yang menjadikan tahlilan ini sebagai tradisi saat keluarga mereka meninggal. Mereka mengajak orang-orang yang mengenal almarhum/ah untuk berkumpul dan membacakan doa untuk yang meninggal. Biasanya untuk menunjang acara ini mereka akan mencetak buku yasin yang bisa digunakan di dalam acara ini.

Hal inilah yang membuat saat ini ada banyak orang yang membuka layanan percetakan buku yasin untuk melayani keluarga yang mau mencetak buku yasin. Jika saat ini anda membutuhkan buku yasin, anda bisa mencari layanan jasa percetakan buku yasin ini dari internet dengan sangat mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *