Tulisan Anak Jakarta

Selamat Datang di Blog Gue Bro n Sis!

Ini Dia Cara Memilih GPU Untuk Komputer Anda.

Di samping central processing unit (CPU), graphics processing unit (GPU) memiliki dampak paling besar pada kinerja PC game. GPU terdiri dari prosesor tambahan yang mengambil data dari CPU, dan menerjemahkannya ke dalam gambar yang dapat ditampilkan di layar Anda. Dengan kata lain, saat Anda bermain game, GPU melakukan sebagian besar pekerjaan berat.

Semakin kuat GPU (terkadang disebut sebagai kartu grafis), semakin banyak informasi yang dapat dihitung dan ditampilkan dalam waktu yang lebih singkat, dan semakin baik pengalaman bermain game Anda secara keseluruhan.

Pada masa awal PC, CPU bertanggung jawab untuk menerjemahkan informasi ke dalam gambar. Data disimpan dalam ruang memori khusus yang disebut “frame buffer”, dan kemudian ditransfer ke layar. Banyak CPU tujuan umum tidak unggul dalam melakukan proses semacam ini, sehingga “akselerator grafis” diciptakan untuk menangani beberapa pekerjaan khusus yang dilakukan CPU. Ini menjadi lebih penting karena antarmuka pengguna grafis (GUI), yang ditemukan di sistem operasi yang lebih modern seperti Windows, menjadi lebih populer.

GPU saat ini sangat baik dalam memproses informasi gambar dalam jumlah besar dan melakukan tugas paralel, membuatnya sangat cepat tidak hanya dalam menampilkan teks dan grafik dalam GUI berjendela, tetapi juga dalam memproses grafik 3D kompleks yang diperlukan untuk pengalaman bermain game modern. GPU juga dapat secara efisien menjalankan proses lain yang melibatkan manipulasi banyak data secara paralel, yang membuatnya berguna untuk beberapa aplikasi di luar game juga.

GPU itu penting, tetapi bagaimana Anda tahu mana yang harus dipilih? Ada banyak pilihan GPU yang tersedia dari berbagai produsen, dan mungkin tidak segera jelas mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Mengetahui dasar-dasar bagaimana mereka beroperasi dan perbedaan di antara mereka dapat membantu membuat keputusan itu lebih mudah.

Mengapa kartu grafis Anda penting?

Bagi banyak orang, bermain game adalah tugas paling intensif perangkat keras yang akan Anda minta untuk dilakukan oleh PC Anda. Maka tidak mengherankan jika gamer yang serius menghabiskan waktu berjam-jam untuk meneliti teknologi GPU terbaru, dan sering meningkatkan GPU mereka secara teratur. Saat GPU menjadi lebih cepat, game dirancang untuk memanfaatkan kinerja ekstra, dan itu mendorong produsen untuk membuat GPU yang lebih cepat, melanjutkan siklus.

Jika Anda tidak memprioritaskan game, Anda mungkin tidak terlalu peduli dengan kemampuan GPU Anda. Meskipun demikian, aplikasi profesional sering menggunakan langsung kemampuan pemrosesan khusus GPU, hanya dengan cara yang berbeda. Contohnya termasuk pengeditan video, di mana GPU dapat digunakan untuk mempercepat proses seperti pengkodean video, rendering 3D, dan aplikasi desain/manufaktur berbantuan komputer (CAD/CAM) seperti AutoCAD. Semua program ini mendapat manfaat dari kekuatan pemrosesan tambahan GPU, meskipun mereka paling diuntungkan dari GPU yang dirancang khusus dengan mempertimbangkan aplikasi ini.

Oleh karena itu, memilih GPU adalah bagian penting dari membangun, membeli, atau meningkatkan PC. Seperti halnya setiap komponen PC, pertanyaan pertama yang harus Anda tanyakan pada diri Anda saat memilih kartu grafis adalah: bagaimana Anda akan menggunakannya?
bermain game

Industri game telah berperan penting dalam evolusi teknologi GPU. Game PC saat ini lebih realistis dan kompleks daripada sebelumnya, dan peningkatan kinerja GPU modern adalah bagian dari alasannya, dan sebagai respons terhadap para gamer yang menuntut game yang terlihat lebih baik dan lebih kompleks.

Sederhananya, jika Anda membuat PC untuk bermain game, maka GPU akan menjadi pembelian terpenting Anda. Komponen lain juga dapat memengaruhi kinerja, seperti CPU, penyimpanan, dan RAM, tetapi GPU memiliki koneksi paling langsung dengan apa yang Anda lihat di layar saat bermain (seperti yang diulas oleh web teknologi populer saat ini).

Namun, ada banyak jenis gim yang berbeda, dan tidak semuanya menuntut GPU paling kuat di pasaran. Itulah mengapa penting untuk membaca spesifikasi game yang diperlukan, direkomendasikan, dan optimal untuk memastikan Anda mendapatkan GPU yang sesuai.

hariyadipena

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas