Bisnis

Bagaimana Membuat Box Kemasan Makanan?

Panduan dan Tips Desain box makanan untuk Pemula – Berbicara tentang tampilan fisik suatu produk, tim digital printing di Digibook Promotion membahas cara membuat desain poster yang menarik. Nah, hari ini giliran kita membahas panduan desain box makanan.

Mengapa desain box makanan harus menarik?

Persaingan yang semakin ketat di industri makanan dan minuman menuntut Anda untuk berpikir kreatif. Tidak cukup hanya memiliki produk yang berkualitas, tetapi juga harus ditunjang dengan tampilan produk yang menarik. Desain kemasan yang menarik menarik perhatian pemirsa. Dari kemasannya, pembelian produk oleh orang ini akan termotivasi. Di sinilah pentingnya menciptakan desain box makanan yang unik yang dapat menarik perhatian konsumen.

Kami memahami bahwa mendesain box makanan dapat menjadi tantangan, terutama jika Anda baru mengenalnya. Tingkat kerumitan konsep yang Anda miliki akan menentukan tingkat kesulitan dalam pekerjaan desain. Namun, jangan khawatir. Tim digital printing Digibook Promotion akan memberikan panduan desain box makanan dengan cara mudah yang bisa diterapkan oleh pemula.

Gunakan software yang sesuai

Dua jenis software yang sering digunakan untuk membuat desain box makanan adalah Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop. Adobe Illustrator dapat membantu Anda membuat kerangka bentuk paket, sedangkan Adobe Photoshop dapat digunakan untuk membuat desain pada area yang dicetak.

Desainer berpengalaman akan mengetahui software desain yang paling cocok untuk desain box makanan Anda. Jika Anda masih pemula, Anda bisa mencoba dua program yang disebutkan di atas. Program lain yang juga dapat digunakan adalah Corel Draw.

Buat dieline menggunakan software vektor

Panduan mendesain box makanan selanjutnya adalah membuat dieline . Apa itu dieline ? Dieline adalah template berupa garis-garis yang menggambarkan outline kemasan Anda.

Diline biasanya terdiri dari dua baris. Pertama, garis tetap yang membentuk potongan-potongan bingkai kemasan. Kedua, garis putus-putus sebagai indikasi lipatan pada kemasan. Secara umum, font harian dibuat dengan menyertakan informasi tentang ukuran sebenarnya dari paket.

Untuk membuat font, Anda dapat menggunakan program vektor seperti Adobe Illustrator atau Corel Draw.
Ketahui jenis kemasan kotak

Apakah Anda pikir semua paket sama? Ya, sekilas kemasan setiap produk memiliki bentuk yang mirip satu sama lain. Katakanlah, keduanya persegi.

Namun, setelah diperiksa lebih dekat, setiap kotak kemasan memiliki ukuran, kedalaman, dan detail yang berbeda. Hal ini perlu Anda pikirkan agar desain kemasan produk Anda memiliki keunikan tersendiri.

Apakah Anda ingin membuat wadah penyimpanan sendiri atau membeli karton yang dapat dilipat? Kedua opsi memiliki pro dan kontra. Membuat desain kemasan penyimpanan Anda sendiri lebih mahal, tetapi lebih fleksibel. Sementara kardus lebih mudah dilipat, bentuknya cenderung sama.

Ketahui jenis tutup kemasan

Selain jenis kemasan, jenis penutup kotak juga berbeda. Beberapa jenis tutup yang umum adalah standar tuck end, reverse tuck end, dan staggered full seal end. Setiap kotak pembungkus memiliki kelebihannya masing-masing. Beberapa membutuhkan lem untuk merekatkannya, beberapa tidak sehingga Anda dapat menghemat lebih banyak uang.

Contoh kemasan produk yang menarik

Panduan desain kemasan ini dapat membantu Anda mendapatkan inspirasi. Ya, tidak ada yang lebih baik daripada melakukan riset lapangan dan melihat desain kemasan pesaing. Anda akan menyadari bahwa ada banyak jenis desain kemasan di pasaran, seperti kotak pajangan, kotak bantal, kotak geser, dan masih banyak lagi.

Pilih jenis kemasan yang sesuai dengan karakteristik produk Anda. Selain itu, pilihlah paket yang harganya sesuai dengan anggaran Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *