Uncategorized

Tips Memilih Travel Haji Plus Yang Amanah

Ada beberapa perbedaan program “Haji Plus” dengan program reguler, namun biasanya pemilihan program “Haji Plus” mirip dengan program reguler. Anda tetap harus hati-hati dan waspada, agar perjalanan ibadah anda berkualitas.

Seseorang yang belum pernah melakukan ibadah haji sebelumnya pasti bingung memilih travel. Karena itulah pada artikel kali ini kami akan memberikan beberapa tips untuk mendapatkan travel haji plus terbaik ke Tanah Suci.

7 Tips Memilih Travel Haji Yang Amanah

Sebelum kami memberikan tips memilih travel, ada baiknya anda mengetahui beberapa perbedaan antara haji reguler dan plus. Agar anda paham, apa saja fasilitas yang harus anda dapatkan jika memutuskan untuk memilih plus.

Selain biaya, ada perbedaan besar antara keduanya. Termasuk yang terkait dengan masa tunggu, penyelenggara, fasilitas, jarak ke hotel dan tenda di Mina dan Arafah, serta masa ibadah.

Khusus untuk program haji plus, masa tunggunya tentu saja lebih singkat, berkisar antara 5 hingga 7 tahun. Sedangkan yang biasa bisa 20-30 tahun. Bahkan di beberapa provinsi ada yang lebih dari 30 tahun.

Jika haji plus berafiliasi dengan pihak swasta, maka haji reguler diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI. Tidak heran biayanya juga lebih tinggi. Karena fasilitas seperti jarak ke hotel dan jangka waktunya juga berbeda.

Buat beberapa memilih program secara pribadi. Namun karena itu, Anda juga harus jeli dalam memilih travel haji Anda. Berikut beberapa tips memilih travel haji terpercaya.

1. Resmi terdaftar

Ada beberapa hal yang harus dipastikan travel tersebut terdaftar di Kementerian Agama. Terutama dari kelengkapan perizinan. Diantaranya NPWP, Surat Tanda Daftar, Surat Keterangan Domisili, hingga Izin Kerja Tetap.

Selain itu, mereka juga harus memiliki SK dari Menteri Kehakiman dan Kementerian Agama. Juga, pastikan juga  memiliki sertifikat badan usaha yang sah. Lebih gampang, daftarnya sudah ada di website PPIU Departemen Agama.

2. Pastikan riwayat bersih

Cara memilih travel haji plus travel amanah berikutnya adalah dengan memastikan rekam jejak yang terbukti. Ini berarti mengetahui apakah dia sudah lama berdiri atau tidak. Semakin lama dibuat, semakin banyak pengalaman yang dimiliki.

Anda juga bisa mendapatkan informasi dari keluarga, kerabat, dan jamaah yang pernah menggunakan jasa travel tersebut. Metode ini bisa menjadi salah satu bukti terbaik kualitasnya.

3. Harga murah jelas bukan jaminan

Ingat ketika memilih travel Haji Plus, jangan hanya melihat harga. Sekalipun murah dari travel lain, Anda tetap harus memastikan hal-hal lain. Harga tidak bisa menjadi acuan kualitas pelayanan.

4. Jaminan fasilitas

travel haji yang baik tentunya memberikan detail dan terbuka mengenai fasilitas yang ditawarkan. Sehingga calon jemaah juga paham fasilitas apa saja yang perlu disiapkan atau dibawa sendiri.

Karena program khusus, Anda harus memilih travel Haji Plus yang menyediakan fasilitas yang sesuai. Seperti yang sudah disebutkan tadi misalnya masalah hotel hingga waktu ibadah.

5. Lihat cara membayar

travel resmi pasti menggunakan layanan perbankan untuk seluruh proses keuangan. Jadi sebaiknya diketahui bahwa akun yang digunakan adalah atas nama perusahaan dan bukan atas nama perusahaan.

Ketika Anda menemukan bahwa travel menggunakan akun pribadi, Anda harus waspada. Lebih baik memilih travel lain dari kategori haji selain travel, sehingga Anda tidak akan mengalami masalah meskipun Anda telah membayar biaya yang besar.

6. Hindari travel dengan sistem MLM

Dalam layanan MLM ini misalnya, Anda harus membayar sejumlah uang di muka. Tapi kemudian Anda diminta untuk mencari orang lain, sering juga disebut downline. Jika Anda belum mengambilnya, Anda belum bisa pergi.

Jika diperhatikan dengan seksama, sistem ini tidak menghasilkan banyak keuntungan. daripada ingin memberikan layanan. Bahkan, banyak ulama menyebut sistem ini haram, dengan alasan hanya menguntungkan pihak tertentu.

7. Lihat alamat kantor

Meski sepele, metode pemilihan travel haji plus ini tak boleh dilewatkan. Anda harus memastikan bahwa alamat yang tercantum di situs sudah benar. Jika tidak, maka pantas dicurigai sebagai travel palsu.

Kesimpulannya, Program haji plus dan Reguler berbeda dalam beberapa hal. Diantaranya dari segi penyelenggara, biaya, fasilitas dan lama pemberangkatan. Karena bersifat private, Anda juga harus jeli dalam memilih travel haji plus ini.

Jadi pilihlah travel yang terpercaya dengan memastikan resmi atau tidaknya, track record yang sudah terbukti, dan fasilitasnya. Selain itu, memilih Haji dengan Travel, jangan tergiur dengan harga, hindari sistem MLM, jadi pastikan juga alamatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *