Kesehatan

Apakah Vaksinasi Aman Untuk Bayi?

Sebagai orang tua, memberikan vaksinasi lengkap merupakan langkah penting dalam melindungi bayi Anda dan menjaganya tetap aman dan sehat. Manfaat vaksin atau imunisasi dapat mengurangi risiko wabah penyakit, penyakit serius, kecacatan, dan kematian.

Vaksinasi idealnya diberikan sesuai jadwal untuk memastikan bayi mendapat perlindungan maksimal. Namun, jika Anda melewatkannya, Anda dapat segera berkonsultasi dengan dokter bayi Anda untuk menyelesaikan vaksinasi.

Mengapa vaksin itu penting?

Bayi-bayi sangat rentan terhadap penyakit karena tubuhnya belum membentuk sistem imun yang kuat. Dengan memvaksinasi bayi Anda tepat waktu, berarti Anda telah melindungi bayi Anda dari berbagai penyakit.

Vaksin yang disuntikkan ke tubuh bayi membantu sistem kekebalan tubuh membentuk antibodi yang melawan virus atau bakteri yang masuk ke tubuh bayi.

Alasan lain pentingnya imunisasi bayi adalah karena dapat menyelamatkan nyawa seorang bayi. Pada zaman dahulu, banyak bayi yang terkena polio, yang menyebabkan banyak bayi meninggal.

Meskipun ada efek setelah vaksinasi pada bayi, seperti demam, nyeri atau kemerahan di tempat suntikan, keengganan untuk makan, dll, hal ini normal dan tidak akan berlangsung lama, karena ini merupakan respon tubuh terhadap hal tersebut. Zat baru masuk ke dalam tubuh.

Rasa sakit yang ditimbulkannya jauh lebih baik daripada rasa sakit yang akan dirasakan seorang bayi jika dia belum diimunisasi. bayi-bayi dapat menderita penyakit yang lebih serius, yang dapat menyebabkan kematian jika tidak diimunisasi.

Bagaimana jika sudah terlambat untuk memvaksinasi bayi?

Mungkin Anda lupa membawa bayi Anda untuk suntikan imunisasi atau bayi Anda mungkin mengalami batuk, pilek, demam atau diare selama jadwal vaksinasi sehingga Anda tidak berani memberikan vaksinasi kepada bayi Anda. Padahal, dengan berkonsultasi ke dokter spesialis bayi, bayi tetap bisa diimunisasi meski sedang pilek, batuk, atau demam.

Namun, jika vaksinasi terlewat atau terlambat diberikan, Anda harus segera membawa bayi ke vaksinasi.

Pemberian vaksinasi yang tidak sesuai jadwal tidak menjadi masalah, asalkan kelima vaksinasi tersebut (imunisasi dasar lengkap) diberikan saat bayi berusia kurang dari satu tahun. Segera pesan vaksinasi yang tertunda agar bayi tidak berisiko sakit parah.

Bagaimana jika bayi belum diimunisasi sama sekali?

Sebagian kecil orang tua mungkin mencurigai imunisasi. Beberapa anggapan mengatakan bahwa vaksinasi justru menyebabkan penyakit pada bayi. Namun, imunisasi dijamin aman.

Sejumlah ilmuwan terus berupaya membuat vaksin lebih aman dari waktu ke waktu. Sebelum mendapatkan lisensi dan mendistribusikannya, vaksin harus menjalani sejumlah pengujian untuk memastikan keamanannya.

Jika bayi belum mendapatkan vaksinasi sama sekali, maka bayi tersebut akan berisiko tertular penyakit-penyakit tersebut di atas. Lebih buruk lagi, penyakit ini dapat menyebabkan kematian.

Ada tiga alasan mengapa imunisasi merupakan investasi kesehatan bayi:

1. Bayi yang mendapat imunisasi dasar lengkap akan terhindar dari beberapa penyakit serius, karena imunisasi akan meningkatkan kekebalan tubuh bayi sehingga dapat melawan penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin ini.

2. Imunisasi, tidak hanya akan melindungi bayi dan mencegahnya tertular berbagai penyakit. bayi juga tidak akan menularkan penyakit ke lingkungan sekitarnya. Artinya imunisasi tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, tetapi juga bermanfaat dalam mencegah penyebaran penyakit kepada orang lain.

3. Bayi yang sudah divaksin bukan berarti kebal terhadap penyakit. Artinya bayi masih berisiko tertular atau tertular kuman penyakit, namun dengan vaksinasi, kondisi penyakit akan lebih ringan dan tidak separah bayi yang tidak atau belum divaksinasi. Pada dasarnya perlindungan dari imunisasi sekitar 80-95%.

Namun, hanya sedikit orang tua yang mengkhawatirkan efek samping dari vaksinasi. Namun perlu dicatat bahwa imunisasi atau vaksin telah terbukti aman bahkan efektif digunakan oleh lebih dari 100 negara.

Organisasi Kesehatan Dunia telah memantau dan melaporkan bahwa kualitas vaksin yang digunakan di Indonesia aman dan efektif untuk digunakan di seluruh dunia. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir untuk memberikan suntikan vaksinasi kepada bayi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *