Tulisan Anak Jakarta

Selamat Datang di Blog Gue Bro n Sis!

Bisakah programming dipelajari secara otodidak?

Ada banyak orang yang menaruh minat pada dunia programming. Setiap tahunya ada semakin banyak orang yang mendaftarkan dirinya untuk mengikuti kursus kursus bahasa pemrograman. Hal ini membuat ada banyak orang yang berpikir apakah mereka bisa mempelajari bahasa pemrograman ini secara otodidak.

Apakah mereka harus mengikuti pendidikan formal untuk bisa menguasai bahasa pemrograman ini ataupun untuk diterima di dunia kerja yang memerlukan bahasa pemrograman ini. Sebenarnya bahasa pemrograman memang bisa dipelajari secara otodidak.

Ada banyak orang di luar sana yang mengembangkan aplikasi ataupun software dan website walaupun mereka tidak pernah menempuh pendidikan formal untuk mempelajari bahasa pemrograman. Namun tentu saja mempelajari bahasa pemrograman secara otodidak itu akan jauh lebih sulit dibandingkan jika anda mengambil program kursus bahasa pemrograman.

Hal itu seperti anda berusaha mencari sendiri jalan anda untuk menguasai sesuatu yang tidak anda kenal sebelumnya. Berbeda dengan orang yang menggunakan layanan jasa kursus bahasa pemrograman; mereka seperti mempunyai jahit yang akan memandu mereka dalam mempelajari bahasa pemrograman.

Orang yang belajar bahasa pemrograman secara otodidak pada umumnya akan melakukan pembelajaran yang tidak terstruktur. Jadi mereka hanya mempelajari hal-hal yang mereka anggap perlu untuk memecahkan masalah yang kita punya pada saat tertentu.

Jadi ketika mereka menemukan masalah-masalah yang belum pernah mereka pelajari sebelumnya mereka harus belajar lagi. Inilah yang terjadi kalau anda belajar pemrograman secara otodidak dimana anda akan cenderung memiliki pengetahuan dasar yang kurang terstruktur.

Butuh waktu yang lebih lama bagi anda untuk menemukan gambaran besar dari bahasa pemrograman yang sedang anda pelajari. Untuk menghindari hal-hal yang seperti ini anda bisa mendaftarkan diri anda ke tempat kursus bahasa pemrograman.

Tempat-tempat kursus bahasa pemrograman seperti ini biasanya sudah mempunyai maka pembelajaran yang runut sehingga anda akan membangun logika daftar yang lebih kuat untuk memecahkan semua masalah pemrograman. Anda juga akan lebih mudah mendapatkan contoh-contoh oh hasil coding yang bisa anda pelajari berbagai stimulasi untuk pemecahan masalah.

Semakin banyak anda melakukan simulasi pemecahan masalah maka akan semakin terbentuk pemahaman yang baik tentang cara menyusun kode yang efisien. Kursus programming juga biasanya akan membantu anda memilih bahasa pemrograman yang paling tepat untuk anda pelajari. Jangan sampai anda mempelajari bahasa pemrograman yang tidak anda perlukan.

Misalnya, anda hanya mau menjadi seorang pengembang website. Untuk keperluan ini anda hanya perlu mempelajari html css, php, javascript, dan sql. Anda tidak perlu menghabiskan waktu anda untuk menguasai bangsa-bangsa lain seperti java ataupun kotlin dan visual basic.

Anda tidak perlu khawatir dengan biaya kursus programming ini karena biasanya layanan jasa kursus programming ini ditawarkan dengan harga yang terjangkau untuk pemula. Ini akan lebih menguntungkan bagi anda dibandingkan anda belajar secara otodidak dan membuang terlalu banyak waktu anda.

Salah satu tempat kursus bahasa pemrograman terbaik yang bisa kami rekomendasikan adalah nextgen. Ini adalah tempat kursus yang sudah berpengalaman dalam mengajar banyak programmer. Jadi kursus programming nextgen akan membantu anda menguasai bahasa pemrograman yang anda butuhkan dalam waktu yang relatif singkat.

hariyadipena

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas